Gubuk Zone

Minggu, 27 Juni 2010

World Community Grid IBM Temukan Sel Kanker Lebih Cepat


Sebuah terobosan berhasil diwujudkan dalam proyek Help Conquer Cancer yang dimotori oleh IBM dan World Community Grid. Bagi Anda yang penasaran dengan World Community Grid, ini merupakan sistem yang terdiri dari banyak sekali personal computer para relawan yang saling berhubungan. Dalam hal ini, mereka menyumbangkan daya pemrosesan yang mengganggur untuk proyek-proyek kemanusiaan.

World Community Grid yang disponsori oleh IBM ini menyediakan daya komputasi gratis bernilai jutaan dolar bagi para periset di seluruh dunia agar dapat melaksanakan penelitian medis, gizi, dan lingkungan hidup. Proyek World Community Grid ini akan mengotomasikan proses yang rumit untuk menentukan apakah sampel protein siap diuji sinar-x atau tidak.

Adapun cara kerja dari World Community Grid ini adalah dengan mengotomasikan dan mempercepat sebuah proses manual yang rumit sehingga para periset dapat secara mudah menemukan struktur protein yang berkaitan dengan kanker, berikut merumuskan penyembuhannya. Untuk ke depannya, pendekatan baru ini akan membantu penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan bahan makanan dan penyakit. Selanjutnya, sistem juga dapat mengetahui kapan sampel protein sebuah proses pemadatan (kristalisasi) siap melalui pengujian dengan sinar-X khusus. Proses inilah yang akan mengidentifikasi dan menelusuri bagaimana struktur, bentuk dan interaksi protein yang berperan dalam pertumbuhan kanker.

Pengaplikasian Grid ini sekaligus membuka kesempatan bagi para ilmuwan untuk mengenali 80% pencitraan berunsur Kristal dan 98% tetesan jernih dari solusi protein sebelum terkristalisasi. Ini memungkinkan pengataman pencitraan dilakukan enam kali lebih banyak. Pasalnya, kristalisasi merupakan faktir kunci dalam mendapatkan struktur protein. Contohnya saja dalam proyek Nutritious Rice for the World, yang juga menggunakan Grid ini untuk menelusuri cara-cara menghasilkan butiran beras yang lebih keras dan lebih sehat.

Dalam bekerja, World Community Grid mampu mencapai kecepatan 180 teraFLOPS, atau 180 trilyun floating-point operation per detik. Sementara aplikasi Help Conquer Cancer dapat mencapai sekitar 80 trilyun floating-point operation per detik. sumber infokomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar